Menu
Teguh Indonesia

Belajar Tumbuh dari Tumbuh-Tumbuhan

oleh : Teguh Estro

"Kalau ingin belajar bagaimana bisa tumbuh, maka pelajarilah tumbuh-tumbuhan"
(Quote By: Teguh Estro)

Tahap 1 : Tahap Penyemaian dan Pembuatan Media Tanam
Hai Everybody kali ini saya mau cerita tentang hasil penelitian kecil-kecilan kami. Akhir-akhir ini saya dan kawan-kawan di tempat kerja kerap menyediakan waktu luang untuk bertanam cabe lokasinya di Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI. ada beberapa pelajaran yang bisa kami ambil. yaitu, Kalau ingin belajar bagaimana bisa tumbuh, maka pelajarilah tumbuh-tumbuhan. Dan kebetulah kali ini kami berekspreimen pada satu spesies tumbuhan, yakni Cabe.

Ada empat tahap pertumbuhan tanaman Cabe mulai dari penyemaian sampai ia menghasilkan buah. Baiklah mari kita kupas satu per satu.

1. Tahap Penyemaian dan Pembuatan Media Tanam. 
Dalam Tahap ini, kita harus menyiapkan media tanam yang cocok sesuai dengan kondisi alam di lokasi yang akan dijadikan tempat bertanam. Misalnya kemarin kami kebetulan memilih media polybag dan Tanah merah sebagai media tanamnya. Sekaligus penyediaan pupuk kandang sebagai nutrisi awal bagi tanah. Pada saat penyemaian bibit, kita siapkan lokasi penyemaian yang sudah dicampur antara tanah, tanah bakar, Pupuk kandang, Pupuk NPK secukupnya dan Disiram Air Secukupnya sampai terlihat basah. Baru kemudian bibit cabe ditanam pada media penyemaian tersebut, lalu ditunggu selama satu minggu kira-kira sampai Cabe tumbuh dan memiliki daun minimal 3 helai.

Tahap 2: Tahap Munculnya Tunas
Pelajaran yang bisa kita ambil: "...Pilihlah lokasi untuk bertumbuh yang cocok untuk bakat, bibit keahlian/Passion dan cita-cita besar kita. Kalaupun tempat kita bertumbuh belum cocok maka siapkanlan pupuk, air dan nutrisi yang lebih agar kita bisa tumbuh secara baik...."

2. Tahap Munculnya Tunas

Ini adalah tahap dimana tumbuhan cabe baru terlihat 3-5 lembar daun. Batangnya masih kecil dan sudah mulai terlihat tanda-tanda kehidupan. Maka pisahkanlah tunas tersebut ke dalam polybag terpisah. Agar dalam perawatannya bisa maksimal. Hal ini dimaksudkan supaya nutrisi di dalam tanah bisa maksimal untuk menghidupi satu pohon cabe saja. Terus awasi hama berupa rumut liar atau tanaman pengganggu lainnya. 

Pelajaran yang bisa kita ambil :
"....Pada saat tunas dari bakat kita sudah mulai terlihat. Maka jangan ragu untuk berinvestasi agar Passion  kita terebut bisa tumbuh sempurna. Misalnya, bila Passion kita memang di dunia Teknologi, maka jangan ragu untuk berinvetasi misalnya menabung buat membeli laptop. Atau misalkan kita sudah mulai merasa bakat kita di bidang seni, maka berinvestasilah untuk mendalami lagi mengani ilmu seni tersebut. Intinya rawatlah Tunas dari Passsion-mu agar tidak layu dan hilang sia-sia...."
Tahap 3: Tahap Pertumbuhan Cabang Pohon

3. Tahap Pertumbuhan Cabang Pohon
Semakin banyak cabang pohonnya, maka akan semakin banyak menghasilkan bunga. Dan selanjutnya bunga itulah yang nantinya akan tumbuh menjadi buah Cabe. Dalam Tahap ini sangat diperlukan kedisiplinan dalam menyirami tanaman. Karena daun cabe yang mulai banyak ini akan membutuhkan banyak air dan nutrisi untuk bertumbuh-kembang. Akan banyak serangga yang mulai berdatangan, gulma dan penyakit-penyakit lainnya.

Pelajaran yang bisa diambil :
".... ini adalah fase dimana kedisiplinan kita diuji. Semakin banyak tantangan yang akan mencoba menjatuhkan kita. Namun mampukah kita untuk terus berdiri lagi bila terjatuh. Karena pada tahap ini sayap-sayap kita sudah mulai berkibar, cabang-cabang dari usaha kita mulai berdiri. Butuh banyak kesabaran, keuletan dan kedisiplinan..."

4. Tahap Memetik Buah/Hasil
Tahap 4 : Tahap Memetik Buah/Hasil
Pada tahap ini buah cabe sudah bisa dipetik hasilnya. Tangkainya sudah mulai lemas siap dipetik dan buahnya kemerah-merahan. Beberapa buah ada yang belum begitu merah, masih sangat hijau. Biarkanlah, tunggu sampai buah tersebut benar-benar siap dipetik hasilnya. Setelah memetik hasil Cabe, Jangan lupa untuk dibagi ke kawan-kawan hasilnya. Selanjutnya media tanam juga harus tetap diperhatikan agar proses pertumbuhan bunga dan buah di musim selanjutnya bisa tetap berlanjut.

Pelajaran yang bisa diambil:
"...Jangan tergesa-gesa untuk memetik hasil. Bila memang belum matang maka jangan malu untuk berproses lagi. Dan Jangan pelit untuk berbagi kepada kawan-kawan kita lainnya..."

Tidak ada komentar