Menu
Teguh Indonesia

Catatan Akhir Tahun ; KAMMI Daerah Kota Yogyakarta




Oleh: Teguh Estro

            27 Juni 2012, di ruang Cholid Mahmud Center, Warung Boto Yogyakarta. Akh Arip Dwi Iskandar S.S (Ketua Umum PD KAMMI Kota Yogyakarta 2011/12) menggelar MUSDALUB (Musyawarah Daerah Luar Biasa). Sore itu beliau mengutarakan permohonan maafnya hendak menyudahi kepengurusan beliau. Pasca rampungnya amanah akademik, mantan Presiden Partai PAS itu sudah lama berniat hengkang dari Kota Yogyakarta. Hingga akhirnya saat itu dirasa waktu yang tepat untuk mengalihkan kepemimpinan KAMMI Kota Yogyakarta. Dan suasana musyawarah pun mengarahkan untuk melakukan Votting. Ada 3 orang AB III kandidat yang dicalonkan oleh beliau. 1. Akh Faturrahman S.EI (Kadep Kaderisasi), Akh Teguh Eko Sutrisno (Kadep Kebijakan Publik) dan Akh Mizan Abrory S.Pd. Hingga menjelang gelapnya langit terpilihlah Akh Teguh Eko Sutrisno sebagai ketua KAMMI Kota Yogyakarta yang baru.

            Dalam kepengurusan yang baru, Pengurus daerah memiliki komposisi pengurus sebagai berikut. Ketua; Teguh Eko Sutrisno, Sekjend; Taufik Septianto S.Far, Apt, Bendahara; Desi Norita Pratiwi, Kestari; Mizan Abrory S.Pd (AB III), Kaderisasi; Suri Akrmaini S.T (kadep), Diah Arum Muzayyanah, Titis Sumunaringtyas, Nasrullah. Kebijakan Publik; Agus Purnomo (kadep), Meki Pranata S.Far, Apt, Maulana, Robert Edy Sudarwan S.Pd, Dharma Setyawan S.Ei. Sosmas; Ellya Noor Farida (Kadep), Febri Nugroho Muji Raharjo S.T. Humas; Rizki Amanah (kadep), Susanti, Pengkom; Yunis Arifah (kadep), Catur Wahyuningsih, Rian.

            Visi yang diusung kepengurusan baru ini melanjutkan visi sebelumnya, yakni “Mewujudkan Radikalisasi Gerakan”. Dalam kondisi lapangannya Akh Teguh dkk mencoba untuk mematangkan internal pada semester pertama dan melejitkan eksternal di paruh kedua. Sehingga ada dua departemen yang digenjot berjalan sedari bulan Juli – desember, yakni Pengkom dan Kaderisasi. Berjalan sih, awalnya. Dan semoga istiqomah di paruh kedua.

Kaderisasi mencoba menyukseskan adanya MK II teruntuk AB II komisariat. Dan Alhamdulillah terbentuk 3 kelompok dipandu oleh 3 AB III. Yakni Akh Teguh Sendiri, AKh Mizan dan Ukh Endang Aguna Dewi. Sudah berjalan 3 kali pertemuan sampai bulan desember. Kendatipun di lapangan terseok-seok oleh kesibukan masing-masing. Sampai akhirnya terjadi dua kali MK II Gabungan. Perama mengundang pak Yusuf Maulana di angringan timoho. Kali keduanya silaturahim di kediaman ust Tulus Mustofa Lc, MA. Departemen yang dinahkodai akh Suri Akramaini S.T juga mengagendakan beberapa kali bedah buku MANTUBA AB-II. Kesempatan pertama dibersamai oleh bang Syafaat S.HI membedah buku Siyasah syar’iyah, kesempatan kedua membedah buku Perangkat-perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin oleh Ukh Endang Aguna Dewi.

Pengkom, Pengembangan Komisariat termasuk salah satu andalan di semester awal kepengurusan. Ukh Yunis Arifah dalam kepengurusan ini harus keluar dari pakem yang biasanya. Beliau cukup fokus melakukan ekspansi di kampus-kampus biduk (UST, AKPRIND, APMD, SSG). Beberapa kali pertemuan yang diawali perjumpaan di gedung Cholid Mahmud Center antara Pengkom, Kaderisasi dan beberapa kader di kampus biduk. Akhirnya menghasilkan keputusan pengadaan ragam pertemua di kampus-kampus biduk. Awalnya diadakan di kampus Stikes Surya Global, cukup ramai pesertanya. Sore itu akh Teguh menjadi pembicara terkait Sejarah Gerakan KAMMI. Berikutnya diadakan di kampus AKPRID dengan pembicara ukh Tities Sumunaringtyas tentang Ghazwul Fikri. Ketiga kalinya digelar di kampus UST (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa) dengan pembicara akh Taufik Septianto S.Far, Apt. Pertemuan keempat ukh Yunis dkk berkunjung ke kampus UST lagi di fakultas pendidikan. Berikutnya menyambangi Akh Wedi dkk di kampus APMD serta yang terakhir di kampus AKPRIND. Target besar departemen pengkom yakni menginisiasi komisariat baru. insyaAllah Januari esok sudah bisa terealisasi.

Kestari, di awal ke pengurusan memiliki program yang tidak muluk-muluk. Yakni pengadaan sekretariat serta perpustakaan buku MANTUBA AB-II. Akh Mizan Abrory S.Pd sebagai pengampunya pada bulan November akhir mendapatkan lokasi di perumahan masjid Sultan Agung. Dan sementara sampai saat ini disanalah tempat syuro pengurus harian. Dan yang belum terlaksana yakni terkait perpustakaan MANTUBA AB-II.

 Konsolidasi Eksternal Persiapann Semester II

Perjalanan departemen-departemen eksternal telah tampak sedari awal. Pada awal-awal kepengurusan kita menggelar aksi besar di tengah kota Yogyakarta. Aksi solidaritas Rohingnya, ratusan pesertanya lintas organ (KAMMI, HMI, IMM, LDK, ROHIS, BKPRMI, MMI dll). Dan akh Agus Purnomo mendapat amanah sebagai koordinator lapangannya. Perjalanan berikutnya sempat hendak menggagas daurah siyasi. Hanya saja kendala waktu yang menjadi penghalang sampai saat ini.

Pada pertengahan bulan November akh Teguh menginisiasi syuro khusus komisi eksternal. Antara lain Sosmas, Humas dan KP. Dalam pertemuan di CMC ini bermunculan varian gagasan. Sampai pada akhirnya muncul ide pengadaan Pelatihan entrepreneur berbasis masyarakat kota. Dan sebagai leading sectornya adalah departemen Sosmas. Ukh Ellya Noor Farida dengan lekas membentuk tim GEMPAR (Gerakan Masyarakat dan Pemuda Berkarya). Sedangkan presiden tim nya adalah akh Febri Nugroho Muji Raharjo S.T. Sudah 4 – 5 kali mengadakan konsolidasi tim. Mulai pembahasan konsep hingga prakarsa teknis di lapangan.

Pada semester pertama ini pula atas nama KAMMI Daerah telah mengupayakan kunjungan ke ranah eksternal. Awal bulan Desember rekan-rekan siaturahim ke kediaman pak Chang S.H Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta. Kemudian dua pekan berikutnya berkunjung ke meja redaksi harian TRIBUN Jogja.

1 komentar