Menu
Teguh Indonesia

Membaca Buku SELF DRIVING

"Anak Gadis Saya Hobi Baca"

Oleh: Teguh Estro

Sungguh beruntung bisa membaca buku SELF DRIVING. Karangan Profesor Rhenald Khasali ini mengajak kita untuk memberontak pada kemapanan, atau dalam istilah yang beliau ulang-ulang, be a good driver. Kita dituntut mampu menjadi pengemudi yang solutif pada perjalanan hidup masing-masing. No Complain, Never Give up and always learning.

“Dan Anak-anak yang bisa melakukan perubahan di dunia baru itu, adalah anak-anak yang terlatih mengelola ketidakpastian......” (Rhanald Khasali, 2014). Ini salah satu kutipan pada Bab-Bab awal. Orang-orang yang berjiwa Driver harus dilatih sejak kanan-kanak. Mereka tak hadir secara instan. Bahkan para sarjana yang sudah mengenyam pendidikan pun tak lantas memiliki mental nan tangguh.

Kenapa harus dilatih sejak kecil? Jawabannya agar menjadi karakter yang tertanam kuat. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa para Good driver akan melawan tradisi-tradisi feodal sebelum mereka menjadi pemimpin. “ Feodal, Takut menghadapi perubahan, bicaranya satu arah, meeting-nya lama dan tak ada keputusan, semua serba uang, lamban, berubahnya pelan-pelan, itu artinya tidak ada perubahan sama sekali. Feodal” 
( Halaman 19)

Para calon pemimpin di masa kini memiliki pekerjaan rumah yang amat berat, yakni mengobrak-abrik zona nyaman yang saat ini menjadi sandaran empuk para generasi tua. “Seperti kata Albert Enstein, persoalan perubahan yang dihadapi manusia bukanlah menghadapi hal-hal baru, melainkan sulitnya membuang kebiasaan-kebiasaan lama” (halaman 22)

Apa yang dibutuhkan untuk melawan zona nyaman. Salah satu senjata yang ampuh adalah memiliki wawasan yang luas. Karena saat kita keluar dari zona nyaman maka badai ketidakpastian akan muncul menantang. Maka dibutuhkan kecepatan dalam mengambil keputusan. Dan keputusan yang berkualitas muncul dari kumpulan wawasan yang berkolaborasi dalam pikiran. “Untuk menjadi seorang Driver yang hebat, kecepatan mengambil keputusan perlu di dukung dengan wawasan yang luas” (Halaman 26)

     Perubahan tak bisa dilakukan oleh orang-orang yang hanya terjebak pada kebiasaan rutin saja. Nahkoda harus diserahkan pada ia yang terbiasa berpikir. Tidak mudah terkejut pada keadaan yang baru. Good Driver harus terbiasa berpikir solusi atas masalah-masalah yang dihadapi. Tak mungkin ada kemajuan bila hanya berjalan di-situ-situ saja. Kemajuan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mau bergerak maju. Dan setiap ada pergerakan maju artinya akan muncul masalah baru. Nah siapa yang bisa menghadapi itu? Tentu saja orang-orang yang terbiasa berpikir mencari solusi. Orang-orang yang kerap mengeluh akan terbuang. Para anak-anak manja akan tertinggal. “Prinsip orang bekerja adalah berpikir, namun kalau setiap hari melakukan hal yang familier/rutin atau dibimbing orang lain, maka manusia punya kecenderungan menjadi penumpang bagi orang lain dan tidak perlu berpikir lagi” (halaman 33)

      Guru besar FEUI ini juga mengkritik pola pendidikan di Negara kita. Beliau megatakan bangku sekolah di Indonesia sudah “over cognitive”. Tak kita jumpai keseimbangan antara asupan pengetahuan dan asupan mental. Mereka dijejali pada hafalan-hafalan yang membuat stress siang dan malam. “Tidak Mengherankan kalau sekolah menjadi sangat menakutkan, Stressfull, banyak korban kesurupan, terbiasa mencontek, dan sebagainya” (halaman 51). Selanjutnya beliau membongkar dari pengalamannya sebagai pengajar. Bahwasannya anak-anak yang pintar di sekolah belum tentu pintar di masyarakat. Dan kegagalan terbesar justru terjadi pada anak-anak yang dibesarkan dalm persekolahan menghafal. Padahal memorizing is not a good thinking. Menghafal bukanlah cara berpikri yang baik. “Melatih manusia berpikir adalah masalah mendasar yang perlu dipecahkan dakan system pendidikan nasional kita” (halaman 61)

       Bukan sekedar teori-teori yang disajikan dalam buku ini, namun juga beberapa latihan-latihan baik dilakukan perorangan ataupun kelompok. Seperti latihan Assertiveness. “Di sini anda dilatih berbicara secara terbuka, menyampaikan unek-unek dan hak anda yang diambil orang lain agar dikembalikan, namun dengan seni yang tinggi tidak akan merendahkan martabat anda maupun orang lain. Malah mereka dapat menerima dengan respek karena anda menegurnya dengan cara yang halus, santun, dan tidak menyakiti perasaannya” (halaman 99)


Teguh Indonesia

2 komentar

  1. idya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkenalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  2. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus