Menu
Teguh Indonesia

Begadang & Berpikir




http://4.bp.blogspot.com
Oleh: Teguh Estro

            Jujur nih, saya jarang banget begadang. Paling-paling alasan tugas saja yang memaksa tidur sampai malam. Hanya saja banyak begadang bisa membuat kita semakin egois. Pasalnya, sewktu sendiri di malam hari membuat sanubari berbicara sendiri pula. Hati kecil ini bakal mengajak bincang-tentang diri sendiri. Karena watak dasar manusia adalah memikirkan diri sendiri. Semakin sering meluangkan waktu yang tidak terduga untuk menyendiri, maka akan semakin memanjakan ego. 

Begadang itu tidak baik bila hanya sendiri dan waktunya tidak terduga. Saran saya, apabila hendak begadang, ajaklah teman-teman dan dibuat schedulenya. Toh, kalaupun mau tetap begadang sendirian, maka sempatkanlah untuk berpikir tentang hal-hal yang bersifat filosofis, kepentingan rakyat atau tentang sains makrokosmos. Intinya hindari banyak berpikir tentang ego dan kepentingan pribadi. Kalaupun masih ngotot mau memikirkan diri sendiri, maka pikirkanlah tentang asal penciptaan diri, kesalahan-kesalahan diri dan tujuan hidup di dunia.

Bagi pembaca yang sering begadang, saya yakin pasti memiliki kemampuan lain. Yakni, kemampuan berpandangan dari sisi lain. Manusia sebagian besar beraktivitas di siang hari. Dan pada siang hari itulah mereka menampakkan performance terbaiknya. Namun saat malam tiba, manusia akan menunjukkan sisi lain hidupnya. Bahkan boleh jadi itulah sisi hidup yang sebenarnya. Orang yang masih atau menyengaja beraktivitas pada malam hari tentu akan melihat sisi lain performance manusia.

Seorang Rektor gagah berani saat siang hari. Entah, pada saat gelap ia hanya memakai sarung dan ngopi bersama ayam jago kesayangannya. Seorang mahasiswa berdandan modis di siang hari, entah malam harinya mereka malah menjual diri di pasar remang-remang. Itulah keuntungan bagi siapapun yang masih membuka mata saat malam. mereka akan mendapatkan sisi lain kehidupan.

Tidak ada komentar